top of page
Search
pikrcakrauns

ULURKAN TANGAN PADA MEREKA AUTISME


Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


Hari peduli Autisme sedunia atau sering disebut autism awareness day diperingati setiap tanggal 2 April. Hari tersebut telah ditetapkan PBB pada tanggal 18 Desember 2007 dan diperingati pertama kali pada 2 April 2008. Tujuan utama dari peringatan ini yaitu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap autisme dan mengingatkan masyarakat atas hak yang sama yang dimiliki oleh seseorang dengan autisme.


Autisme adalah suatu gangguan pada seseorang terkait perilaku sosial, komunikasi, dan tingkah lakunya. Seseorang dengan autisme cenderung sulit untuk berbicara, bersosialisasi, mengambil keputusan dan sulit untuk mengontrol perilaku. Namun, sebagai sesama manusia kita perlu memberikan hak mereka untuk berkembang dan menjalankan pendidikan. Autisme tidak dapat disembuhkan dengan obat melainkan dengan terapi secara berkala.


Penyebab Autisme sendiri belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, kementerian kesehatan melakukan berbagai upaya agar dapat mengendalikan gangguan autisme. Upaya tersebut antara lain:

  1. Upaya promotif dan preventif melalui media komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) dan melakukan penyuluhan agar masyarakat mendapatkan pengetahuan mengenai deteksi dini gangguan spectrum autisme (GSA).

  2. Upaya pelatihan keterampilan kecakapan hidup bagi guru dan remaja serta pelatihan pola asuh untuk kader dan orang tua.

  3. Upaya memberdayakan peran keluarga, guru, dan masyarakat untuk mencegah dan mendeteksi tanda-tanda GSA.

Autisme biasanya dapat didiagnosis diatas usia 1-3 tahun, tetapi gejala awal dapat muncul sejak usia bayi. Keterlambatan deteksi dapat mempengaruhi tingkat keparahan autisme. Deteksi dini pada bayi dapat dilakukan dengan mengamati perilaku bayi. Bayi yang memiliki autisme umumnya tidak mengoceh seperti bayi lain, memiliki koordinasi mata dengan anggota gerak buruk, lebih suka bermain sendiri, tidak suka dengan kontak fisik termasuk dipeluk dan digendong.


Meskipun seseorang dengan autisme sulit untuk berkomunikasi, tetapi mereka memiliki hak yang sama seperti manusia pada umumnya. Hak tersebut utamanya adalah hak untuk mendapatkan pendidikan/pekerjaan, dan hak untuk mengembangkan diri. Maka dari itu, sebagai sesama manusia kita harus mengulurkan tangan untuk peduli pada mereka yang memiliki gangguan autisme. Karena dengan peduli, kita bisa menghargai.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT

PIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com




Sumber :

9 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page