top of page
Search
pikrcakrauns

Sosok Ayah di Mata Anak Perempuan : Pemenang Hati Walau Tertutup Gengsi


Pixabay.com/fizkes

"Pekerjaan seorang ayah bukanlah mengajari putrinya bagaimana menjadi seorang wanita. Dia ada untuk mengajari bagaimana seorang wanita seharusnya diperlakukan." Ucap seorang ayah kepada putrinya. Ya, bukan menjadi rahasia lagi jika hubungan antara ayah dengan anak perempuannya dianggap istimewa. Seorang ayah dan anak perempuan memiliki ikatan yang unik. Biasanya anak perempuan akan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan ayahnya.


Mengapa demikian? Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa hubungan antara ayah dan anak perempuan menjadi begitu istimewa dan tidak dapat digantikan oleh siapapun:


1. Ayah adalah laki-laki pertama dalam hidup anak perempuannya

Bagi anak perempuan, ayah adalah sosok laki-laki pertama yang ia kenal dan temui dalam hidupnya. Bahkan mungkin bagi anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya. Sosok seorang ayah biasanya dijadikan acuan atau ukuran bagaimana pria yang baik untuk hidupnya. Sebagian besar anak perempuan mengagumi segala sesuatu tentang ayahnya, tak jarang juga mereka bermimpi untuk memiliki pasangan yang sama atau memiliki karakter seperti ayahnya.


2. Ayah adalah pelindung bagi anak perempuannya

Saat berada dalam keadaan yang tidak nyaman atau bahaya, orang pertama yang terbesit dalam benak anak perempuan yang dia anggap dapat melindunginya adalah sang ayah. Hal ini karena ayah mampu membuat putrinya merasa aman saat berada di dekatnya. Ayah memiliki naluri yang sangat kuat untuk melindungi anak perempuannya. Naluri ini tentu tidak ada seorangpun yang dapat menyamainya.


3. Seberapa dewasanya anak perempuan, di mata ayahnya tetap menjadi gadis kecil kesayangan ayah

Tidak peduli berapa usia sang putri, seberapa dewasanya sang putri, bahkan seberapapun pencapaian yang berhasil dicapai sang putri, bagi seorang ayah putrinya tetap seorang gadis kecil yang harus ia lindungi dan ia manjakan.


4. Ayah adalah satu-satunya laki-laki yang tidak akan pernah menyakiti perasaan anak perempuannya

Bagi seorang ayah kebahagiaan anak perempuannya adalah tanggung jawab mutlak yang harus ia penuhi. Begitupun bagi anak perempuan, ayah adalah satu-satunya lelaki di dunia ini yang akan memastikan kebahagiaannya. Meskipun seluruh dunia menyakitinya, seorang ayah akan tetap menjadi garda terdepan untuk melindungi putrinya agar tidak terluka.


5. Ayah adalah satu-satunya laki-laki yang memperlakukan anak perempuannya sebagai ratu

Anak perempuan merasa sangat bahagia ketika bersama dengan ayahnya. Mengapa? Karena ayahnya adalah orang yang tahu persis apa yang menjadi keinginan putrinya. Tanpa diminta seorang ayah akan memenuhi satu per satu keinginan sang putri dan memastikan putrinya tidak berada dalam kesulitan dan kekurangan. Sering diibaratkan bahwa seorang ayah akan menjadikan putrinya sebagai ratu di kerajaannya.


Meskipun hubungan anak perempuan dengan ayahnya tergolong istimewa, namun tak banyak dari mereka yang mau mengungkapkan rasa sayang dan cintanya satu sama lain. Kebanyakan anak perempuan mengalami kesulitan dalam hal mengungkapkan rasa cinta dan sayangnya kepada sang ayah. Ya, salah satu yang menjadi penyebabnya adalah rasa gengsi. Baik ayah maupun sang putri sama-sama memiliki tingkat gengsi yang begitu tinggi, sehingga tak jarang mereka merasa bingung harus bagaimana cara mengungkapkan rasa sayangnya. Sosok ayah yang dikenal tegas dan kaku sering kali membuat anak perempuan menjadi canggung untuk mengungkapkan rasa cinta dan sayangnya lewat kata-kata. Ada nih beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai anak perempuan untuk menyampaikan rasa sayangmu kepada ayah.


1. Bangun komunikasi yang baik dengan ayah

Kamu bisa memulai komunikasi dengan ayahmu melalui cerita atau berbagi kabar dengan ayah. Ceritakan apa yang kamu lalui hari ini atau sekadar tanya kabar ayahmu setiap hari. Tanpa kamu sadari hal sesederhana ini sudah membuat ayahmu sangat bahagia.


2. Menghabiskan waktu bersama

Seringkali saat sudah dewasa, seorang anak sibuk dengan kegiatannya sendiri. Kesibukan ini membuat ia jarang berada di rumah dan menghabiskan waktu bersama ayahnya. Hal ini dapat membuat seorang ayah merasa sedih dan kesepian. Untuk itu, jika kamu tidak bisa mengungkapkan rasa sayangmu lewat kata-kata, kamu bisa mengungkapkannya dengan meluangkan waktu misalnya saat weekend untuk bersama ayahmu. Lakukan kegiatan yang ayahmu senangi dan habiskan waktumu bersama dia. Tindakan ini dapat membuat ayahmu merasa diprioritaskan dan diperhatikan.


3. Berikan kado untuk ayah

Tidak harus kado yang mahal, yang terpenting adalah perhatian yang kamu berikan kepada ayahmu. Berikan kado sesuai dengan kebutuhan ayahmu dan kemampuanmu. Apapun bentuknya pasti ayahmu akan senang menerima kado darimu. Kamu bisa memberikan kado saat hari-hari penting dalam hidup ayahmu. Misalnya saat hari ulang tahun atau hari ayah ini.


Nah, kamu bisa lakukan nih cara-cara di atas untuk membuat ayahmu bahagia. Selagi ayahmu masih ada, manfaatkan kesempatan itu untuk membahagiakannya. Tidak perlu muluk-muluk, mulai dari lakukan hal sederhana yang bisa membuat ayahmu tidak merasa diabaikan. Ayo ungkapkan rasa sayangmu dengan caramu. Apapun caranya, pasti ayahmu akan bisa merasakan niat dan rasa sayang yang kamu berikan. Selamat hari ayah untuk seluruh ayah hebat! Kalian adalah pemenang hati putri kecil ini meskipun sering kali ia gengsi, tapi yakinlah putri-putrimu sangat menyayangi dan mencintaimu.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page