top of page
Search
pikrcakrauns

Selamat Hari Kartini


Siapa yang tak kenal Raden Ajeng Kartini? Pahlawan wanita asal Jepara tersebut menjadi salah satu ikon wanita hebat. Raden Ajeng Kartini merupakan seorang tokoh pejuang yang emansipasi wanita. Kartini menilai bahwa sudah sepantasnya kesenjangan antara hak laki-laki dan perempuan dihapuskan. Pasalnya kala itu, wanita tidak memiliki hak untuk berkarya, berkreasi, apalagi bekerja. Ruang gerak yang terbatas dan anggapan bahwa wanita merupakan kaum lemah sangat melekat di masyarakat kala. Oleh karena itu, penindasan baik fisik maupun mental sudah menjadi hal biasa. Hak – hak itulah yang diperjuangkan Raden Ajeng Kartini. Beliau memiliki pemikiran modern ditengah keterbatasan yang ia hadapi.

Hasil pemikiran Kartini yang terus ia perjuangkan sedikit demi sedikit mengubah stigma rendah terhadap kaum perempuan. Bukan hal yang instan untuk mengubah pandangan tersebut, dengan berbagai rintangan baik dari keluarga dan lingkungan Kartini tetap teguh pendirian memperjuangkan hak – hak perempuan. Perjuangan Kartini sekarang bisa dirasakan oleh para kaum wanita saat ini. Bukan hal yang asing lagi bila wanita bekerja, menyuarakan pendapat, mewujudkan ide kreatif, dan mewujudkan mimpinya. Kondisi ini membuktikan wanita juga bisa bersaing.

Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang merupakan momen spesial bagi kaum perempuan. Oleh karena itu, hari Kartini bisa dijadikan sebagai pemantik semangat bagi perempuan untuk terus berkembang dan bertumbuh. Dengan melakukan hal hal positif, menemukan passion, menggali potensi untuk meningkatkan nilai diri bisa menjadi wujud semangat kartini dizaman modern.

Selamat memperingati Hari Kartini 2023 semoga peringatan Hari Kartini ini bukan hanya perayaan semata tapi bisa memunculkan Kartini – Kartini berikutnya yang mengispirasi. Perjuangan Kartini tidak berhenti, tapi kitalah pemegang estafet perjuangan tersebut. Untuk semua kartini, jangan berhenti berkarya!


#RemajaGenre! Sehat, Cerdas, Ceria!


Sumber

https://fsbk.uad.ac.id/menyusun-kembali-makna-hari-kartini-bagi-perempuan-indonesia/


27 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page