top of page
Search
pikrcakrauns

Perlindungan Kesehatan Anak Guna Pengoptimalan Tumbuh Kembangnya Dalam Rangka Hari Anak Nasional


Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


Hari anak nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli, pemilihan tanggal 23 Juli diselaraskan dengan pengesahan Undang-undang Kesejahteraan anak pada 23 Juli 1979 dan sesuai dengan keputusan presiden republik Indonesia nomor 44 tahun 1984. Peringatan hari anak nasional merupakan wujud sebagai kepedulian bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak-anak di Indonesia sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


Di Indonesia masih banyak anak-anak yang terserang penyakit, hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan terhadap anak-anak dan kurangnya cek Kesehatan yang dilakukan sehingga anak-anak terserang penyakit hingga menyebabkan kematian. Pengawasan kepada anak sangat penting karena anak-anak masih tergolong rentan terhadap penyakit. Para orang tua harus mengerti betul bagaimana ciri-ciri anak sehat dan cara menjaga Kesehatan anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.


Biasanya anak-anak usia dini yang sehat memiliki ciri-ciri seperti postur tubuh tegak dan padat, tumbuh-kembang sesuai dengan usianya, rambut, kulit, dan kuku bersih dan sehat, nafsu makan baik dan buang air besar secara teratur, dapat bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai dengan usianya serta anak-anak dapat tidur nyenyak dalam waktu yang cukup. Menjaga Kesehatan anak dapat dilakukan dengan memenuhi asupan nutrisi, menjaga kebersihan diri dan lingkungannya, mengajak anak untuk aktif bergerak dan mematuhi jadwal imunisasi.


Ikatan Dokter Anak Indonesia(IDAI) merekomendasikan beberapa vaksin dalam program imunisasi anak, beberapa di antaranya yaitu


a. Hepatitis B

Diberikan dalam waktu 12 jam setelah bayi lahir, didahului suntik vitamin K minimal 30 menit sebelumnya. Vaksin ini berguna untuk mencegah infeksi hati serius yang disebabkan virus Hepatitis B.

b. Polio

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan virus. Dalam kasus yang parah, polio bisa menyebabkan sesak napas, kelumpuhan, hingga kematian.

c. Campak

Campak adalah infeksi virus pada anak dengan gejala seperti demam, pilek, batuk kering, ruam, dan radang mata. Jika anak sudah mendapatkan vaksin MMR, pengulangan vaksin campak kedua tidak diperlukan.

d. MMR

Ini adalah vaksin kombinasi untuk mencegah campak, gondongan, dan rubella. Ketiganya merupakan infeksi serius yang bisa menyebabkan komplikasi berbahaya seperti meningitis, pembengkakan otak, hingga tuli.


Menjaga Kesehatan anak jauh lebih mudah dilakukan daripada mengobati anak jika sudah terkena penyakit, biaya mencegah-pun lebih murah dibandingkan dengan mengobati penyakit. Untuk itu para orang tua harus memperhatikan keadaan anak-anaknya dan memperhatikan pula faktor-faktor yang ada dalam menjaga Kesehatan anak karena mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT

PIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com



Sumber:


6 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentários


bottom of page