top of page
Search
pikrcakrauns

PENDIDIKAN SEBAGAI MODAL DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0


Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


Perubahan zaman yang cepat dan dinamis banyak berpengaruh ke perubahan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk salah satunya di bidang pendidikan. Saat ini, konsep Society 5.0 sudah mulai masuk ke Indonesia sejak secara resmi diperkenalkan oleh Jepang pada tahun 2019. Konsep ini memperkenalkan ilmu pengetahuan berbasis modern yang memungkinkan digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Lantas pendidikan menjadi salah satu kunci penting untuk meningkatkan SDM di tengah masuknya era Society 5.0.


Dalam menghadapi pesatnya perkembangan digital, kecakapan hidup lewat pendidikan sangat esensial. Salah satu caranya adalah dengan literasi. Eits! Jangan salah, literasi yang dimaksud tidak hanya tentang membaca buku saja, loh!. Literasi sebagai penunjang SDM dibagi menjadi 6 bagian, diantaranya: literasi baca dan tulis yang berfungsi sebagai kecakapan dalam memperoleh dan mengolah informasi; literasi numerasi yang berfungsi melatih problem solving dalam kehidupan sehari-hari lewat pengolahan angka dan simbol; literasi sains yang berkaitan dengan isu-isu seputar sains dan fenomena ilmiah serta perkembangannya; literasi digital dalam melatih kemampuan menggunakan media digital serta alat-alat komunikasi mengingat pesatnya perkembangan teknologi saat ini; literasi budaya sebagai pemahaman terhadap kebudayaan di Indonesia dan identitas bangsa; dan literasi finansial yang berfungsi meningkatkan kecakapan untuk memahami konsep dan risiko finansial.


Tidak hanya lewat literasi, pendidikan juga punya peran menyediakan kecakapan hidup lain sebagai bekal dalam mempersiapkan diri menghadapi Society 5.0 nanti. Beberapa skill yang dibutuhkan diantaranya kemampuan berpikir kritis dalam mengolah informasi, berpikir secara analitis, kreatif, kemampuan problem solving, komunikasi, dan kolaboratif. Selain skill, karakter juga merupakan bagian penting yang dapat dikembangkan melalui pendidikan karakter. Disinilah lembaga pendidikan dan tenaga pendidik memegang peranan besar. Sumber belajar dapat diperluas tidak hanya sebatas buku, namun juga menggunakan internet maupun media sosial sebagai media. Apalagi selama pandemi yang sudah berlangsung 2 tahun ini membuat media daring banyak digunakan dan dimanfaatkan. Penggunaan dari media daring ini tentunya perlu ada pengawasan dan pengembangan baik dari lembaga pendidik maupun tenaga pendidik.


Melalui pendidikan, bekal-bekal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan diri sendiri dapat diperoleh. Sejatinya seiring perkembangan zaman, maka tentu persaingan menjadi semakin ketat. Maka dari itu, dasar-dasar seperti literasi, skill, dan ilmu tentunya sangat penting untuk terus dikembangkan mengikuti perubahan. Peran dari lembaga pendidikan dan tenaga pendidik dalam membentuk kemampuan serta kemampuan generasi penerus bangsa tentu terus diperlukan.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT

PIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com



Sumber:


9 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page