top of page
Search
pikrcakrauns

Pemberdayaan Remaja Desa Kragan Melalui Pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja

Updated: Aug 4, 2022

Kragan —Jawa Tengah, 13 Juni 2022

Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


Tim Riset Grup Sosiologi Pedesaan FP UNS menginisiasi suatu wadah guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Dipilihnya Pusat Informasi dan Konseling Remaja ini bukanlah tanpa alasan, pasalnya kegiatan dan program yang dijalankan didalamnya akan dapat mengedukasi generasi muda dalam mempersiapkan keluarga yang berkualitas dan meningkatkan ketahanan keluarga sehingga kelak pada saatnya mereka menikah , maka rumah tangga mereka terhindar dari perceraian dan zero stunting. Tahapan metode pengabdian ini dilaksanakan melalui kegiatan Focus Group Discussion sebagai pre test bagi generasi muda Desa Kragan , tentang education for family wellness. Pelatihan dilakukan dengan pemberian materi melalui metode Pendidikan sebaya dengan berbagai pembahasan kasus kasus dan penyelesaian kasus kasus. Post test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta dalam menerima materi.


Pada pertemuan pertama yang diadakan di Balai Desa Kragan, dilakukan pengarahan oleh kepala desa setempat, Widodo, S. E dan dilanjutkan dengan pembekalan materi tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan SDM dari Dr. Ir. Sgiharjo dan materi Peran Generasi Muda dalam Pencegahan Stunting oleh Pembina PIK R Cakra UNS, Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S sekaligus ketua pelaksana dalam kegiatan pengabdian ini.


Dalam pertemuan berikutnya, tepatnya pada 27 Juni 2022, tim PIK R Cakra UNS mengajak remaja terlibat dan angkat bicara dengan menerapkan prinsip meaningfull youth participation. Dalam hal ini para Remaja desa Kragan dibagi kedalam beberapa kelompok untuk berdiskusi dan membahas pemecahan masalah studi kasus pernikahan usia anak, remaja dan narkoba serta stunting. Setelah penyuluhan serta arahan dilakukan dalam beberapa pertemuan, tim pengabdian membimbing mereka untuk membentuk struktur kepengurusan PIK R Desa Kragan yang diberi nama PIK R Bina Muda. Setelahnya, Pelantikan dilaksanakan pada 19 Juli 2022 dan turut di hadiri oleh ketua DP3APPKB Karanganyar dan Ketua Forum Genre Karanganyar. Hingga saat ini, tim pengabdian dan PIK R Cakra UNS masih memberikan bimbingan kepada PIK R Bina Muda desa Kragan untuk dapat menjalankan organisasinya dengan baik hingga dapat melakukan sosialisasi kepada remaja di SMP Al-Ikhlas Kragan pada 8 Agustus 2022 mendatang.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT

PIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com



24 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page