top of page
Search
pikrcakrauns

PELANTIKAN PENGURUS PUSAT INFORMASI & KONSELING REMAJA (PIK-R) CAKRA UNS 2021

Updated: Mar 29, 2021



Regenerasi pada kelompok, komunitas, organisasi, serta perkumpulan selalu diperlukan untuk melestarikan visi misi awal berdirinya kelompok tersebut. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bernama Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Cakra UNS tentunya memerlukan regenerasi sumber daya mahasiswa yang unggul dan berkompeten. PIK-R Cakra UNS sendiri merupakan UKM yang berada di bawah pantauan DPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) yang berfokus pada isu mengenai generasi berencana (GenRe), keluarga, remaja, persoalan seksualitas, dan NAPZA.


Perlu adanya kader-kader PIK-R Cakra UNS yang berkualitas menjadi alasan diberlakukannya open recruitmen anggota baru pada bulan februari lalu. Berdasarkan syarat-syarat penerimaan anggota yang berlaku, PIK-R Cakra UNS berhasil merekrut 46 staff PIK yang ditempatkan pada 7 divisi.


Menindaklanjuti recruitment, diadakanlah pelantikan pengurus PIK-R Cakra UNS sebagai kader-kader PIK yang amanah dan bertanggung jawab. Bersama 15 pengurus inti dan 46 staff anggota PIK, pelantikan pengurus PIK-R Cakra UNS periode 2021 dilaksanakan secara sistem hybrid working melalui aplikasi virtual meeting zoom dan pertemuan luring di Ruang sidang 1 lt.1 LPPM UNS dengan menerapkan protokol kesehatan pada Jum’at, 26 Maret 2021.



Acara pelantikan dihadiri oleh pembina PIK-R Cakra UNS, Dr. Ir. Retno Setyowati, M.S. (daring), Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta, Purwanti, S.KM, M. Kes, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo, demisioner PIK-R Cakra UNS 2020, dan seluruh anggota PIK-R Cakra UNS 2021.


Setelah Achmad Nur Kholis selaku MC sekaligus kepala divisi PSKS (Pendidik Sebaya Konseling Sebaya) membuka acara pada pukul 13.15 WIB dan menjelaskan susunan rundown pelantikan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BKKBN. Setelah itu, disambung oleh sambutan pembina PIK-R Cakra UNS, sambutan Kabiro mawa UNS, serta sambutan dari perwakilan DPPKB yang mengapresiasi adanya UKM PIK-R sebagai wadah pengabdian masyarakat.



Acara berlanjut dengan serah terima jabatan antara ketua PIK-R Cakra periode 2020 (Pebriansyah Putra Kusuma) kepada ketua PIK-R Cakra periode 2021 (Mohammad Galuh Prasetyo) dengan menyerahkan bendera PIK-R sebagai simbol pengalihan jabatan yang diwakilkan oleh Kak Yurinda. Setelah resmi menjabat sebagai ketua PIK-R Cakra UNS periode 2021, Mohammad Galuh Prasetyo membacakan laporan struktur organisasi UKM PIK-R Cakra.



Pembacaan ikrar pengurus yang dibimbing oleh Bapak Tomi dengan diikuti seluruh pengurus PIK-R Cakra UNS periode 2021 menandakan kesiapan mengemban amanah untuk memajukan PIK-R Cakra UNS baik sebagai organisasi mandiri, lembaga pengabdian masyarakat, maupun sebagai bentuk pengkaderan generasi Penerus bangsa Indonesia.


“Baik UNS maupun PIK-R Cakra sangat berkontribusi dalam pembangunan kota Surakarta, baik sebagai peneliti, duta, dan bentuk-bentuk kontribusi yang lain,” ujar Ibu kepala DPPKB Kota Surakarta. Melalui pernyataan tersebut tersirat makna bahwa UNS sudah menjadi kepercayaan masyarakat terutama kota Surakarta dalam melaksanakan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi. PIK-R Cakra sebagai salah satu UKM UNS yang berfokus pada pemberdayaan remaja bisa lebih memaksimalkan program kerjanya supaya lebih mampu mengedukasi dan melaksanakan pengabdian masyarakatnya.



Setelah secara resmi dilantik menjadi pengurus PIK-R Cakra UNS, diharapkan seluruh anggota mampu melaksanakan tugas dengan maksimal dan penuh tanggung jawab selama satu periode ke depan. Selanjutnya acara ditutup dengan pembacaan do’a dan foto bersama.


Salam Genre! Salam

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


70 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page