top of page
Search
pikrcakrauns

Orang Tua Hebat, Keluarga Sehat


Pixabay.com/JillWellington

“Harta yang paling berharga adalah keluarga”

Puisi yang paling bermakna adalah keluarga”


Apakah kalian kenal dengan penggalan lirik di atas? Penggalan lirik di atas berasal dari Soundtrack lagu series terkenal berjudul “Keluarga Cemara”. Penggalan lirik ini tentu merupakan fakta yang akan disetujui sebagian besar orang. Setiap orang memimpikan keluarga yang harmonis dan sempurna untuk menemani masa hidupnya. Dalam mewujudkan keharmonisan keluarga, tentu diperlukan dalang yang memainkan peran penting di dalamnya. Siapakah dalang yang memiliki peran penting dalam terciptanya keluarga harmonis?


Dalang di balik keharmonisan keluarga tidak lain adalah orang tua. Orang tua dalam keluarga memiliki peran dan tugas yang tidak dapat digantikan maupun diubah oleh siapapun. Orang tua berperan penting dalam mengasuh, mendidik, dan membimbing anak. Hal itu dilakukan agar anak kelak siap terjun dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini tentu bukan hal mudah untuk dijalankan, namun setiap orang tua harus mampu dan mau belajar agar perannya dapat dijalankan dengan baik. Jika tugas dan peran orang tua dijalankan dengan baik, maka akan tercipta keluarga sehat. Keluarga sehat yang dimaksud adalah sehat baik dari segi fisik, mental, maupun pergaulan.


Sebagai upaya menciptakan keluarga sehat, orang tua harus berusaha keras dalam melakukan perannya. Dalam keluarga yang sehat secara fisik, orang tua berperan besar dalam pemenuhan gizi anak, terutama bagi anak yang pilih-pilih soal makanan. Orang tua, terutama Ibu, harus memutar otak agar anak tetap mau makan guna pemenuhan gizi. Lalu, upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk menciptakan keluarga yang sehat secara mental adalah menjadi “teman” bagi anak. Dengan menjadi “teman” bagi anak, maka anak akan lebih mudah bercerita maupun mengungkapkan perasaan ke orang tuanya. Hal ini nantinya akan membuat anak tidak mudah stress dan memendam perasaannya, sehingga akan tercipta mental yang sehat pada si anak. Sementara itu, dalam upaya menciptakan keluarga yang sehat dalam pergaulan, orang tua harus selalu mengawasi lingkungan pertemanan anak. Terutama pada era modern ini, orang tua harus melek teknologi agar dapat terus memberikan pengawasan terhadap anak, sehingga anak tidak terkena dampak negatif dari teknologi.


Menjadi orang tua bukan hal yang mudah. Setiap orang tua tentunya ingin yang terbaik untuk anak dan keluarganya. Banyak hal yang harus dipersiapkan dan juga dipelajari guna mewujudkan keluarga yang sehat. Oleh karena itu, pastikan menikah atau memiliki anak saat diri sudah sangat siap agar nantinya anak dapat merasakan kebahagiaan dan keluarga yang harmonis.


Salam Genre! Salam

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!

15 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page