top of page
Search
pikrcakrauns

Menjaga Mental Diri di Kala Pandemi


Pixabay.com/JESHOOTS

Andrew Bemstein pernah berujar “Ingatlah bahwa stres tidak datang dari apa yang terjadi dalam hidupmu. Itu datang dari pikiranmu tentang apa yang terjadi dalam hidupmu”. Rupanya jika dilihat dari keadaan sekitar sekarang, salah satu quotes ini menggambarkan keadaan diri kita. Kemunculan Covid-19 secara tiba-tiba membuat semua orang terkejut dan terpukul. Kemunculannya tidak hanya menyerang perekonomian, namun juga menyerang pikiran dan mental secara perlahan lahan. Hal ini sangat memberikan dampak besar bagi remaja.


Remaja yang sedang berada di masa peralihan tentunya memiliki mental yang tidak stabil. Para remaja ini umumnya memiliki mood yang mudah berubah atau dalam bahasa gaul dikenal dengan moody-an. Biasanya, para remaja akan bermain bersama temannya untuk menaikkan mood dan menghilangkan stress yang dialami karena pelajaran. Sayangnya, kondisi pandemi ini mengharuskan para remaja untuk melakukan segala macam aktivitas di rumah. Hal ini membuat remaja melewatkan banyak momen yang telah mereka nantikan dan impikan.


Perubahan yang terjadi akibat pandemi ini membuat mereka stress dan berpikir secara irasional. Mereka menjadi mudah marah, overthingking, cepat lelah, lebih banyak mengurung diri, bahkan beberapa mengalami insecure. Namun, bukan berarti hal ini tidak dapat dihindari. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental remaja di kala pandemi. Apa saja sih caranya?


Para remaja dapat membuat berbagai aktivitas baru yang dapat dilakukan di rumah guna menghilangkan kebosanan. Selain itu, para remaja juga dapat mengikuti berbagai kegiatan komunitas yang ada di berbagai platform. Remaja juga dapat berdskusi dengan orang tua mengenai berbagai hal untuk mengisi waktu. Masih banyak hal lagi yang dapat dilakukan. Pada masa pandemic ini kreativitas orang tua maupun para anak diuji agar terus memikirkan hal-hal baru guna ‘membunuh’ kebosanan.


Kita harus selalu menjaga diri baik dalam segi fisik maupun mental di kala pandemi ini. Semoga pandemi ini akan cepat berakhir dan kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti semula.


Salam Genre!


Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!


Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!

Recent Posts

See All

Yorumlar


bottom of page