top of page
Search
pikrcakrauns

MENGURANGI LIMBAH PLASTIK DENGAN PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK DALAM METODE ECOBRICK


Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


Indonesia berada diperingkat tiga besar negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Dijelaskan dalam laman indonesia.go.id, pada 2020, Indonesia menghasilkan sampah plastik sebanyak 67,8 juta ton atau terdapat 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh 270 juta penduduk. Melansir laman forbes.com, Indonesia menghasilkan sampah plastik di laut sebanyak 56,3 juta kilogram, bahkan Sungai Citarum dinobatkan sebagai sungai paling tercemar di dunia. Sampah plastik diuraikan dalam waktu 1 millenium atau sekitar 1000 tahun. Sampah plastik Sampah plastik memiliki dampak negatif bagi lingkungan seperti penumpukkan sampah sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan.


Dalam upaya pengurangan sampah plastik, dapat dilakukan proses daur ulang salah satunya yaitu melalui metode ecobrick atau pemanfaatan sampah dengan media botol plastik. Ecobrick adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarkat. Ecobrick menjadi cara lain untuk utilisasi sampah plastik selain mengirimnya ke pembuangan akhir. Dengan ecobrick sampah-sampah plastik akan tersimpan terjaga di dalam botol, sehingga tidak perlu dibakar, menggunung dan tertimbun. Teknologi ecobrick memungkinkan kita untuk tidak menjadikan plastik di salah satu industrial recycle system, dengan begitu akan menjauhi biosfer dan menghemat energi.


Penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari memang tidak bisa ditinggalkan, karena semua produk kebutuhan sehari-hari tidak terlepas dengan bungkus plastik/ botol. Sebagai salah satu solusi pemanfaatan sampah plastik, pembuatan ecobrick juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko bencana dan upaya konservasi sungai sebagai nadi kehidupan. Pembuatan ecobrick dapat dilakukan dengan cara sederhana. Adapun cara pembuatannya adalah:

  1. Pilah dan bersihkan sampah plastik

  2. Sediakan botol bekas air mineral dalam jumlah banyak

  3. Gunakan tongkat untuk memasukkan plastik

  4. Masukkan sampah plastik ke dalam botol

  5. Padatkan sampah plastic

  6. Timbang setiap ecobrick

  7. Simpan ecobrick di tempat yang teduh

  8. Susun semua ecobrick

Apabila semua ecobrick sudah selesai dibuat, ecobrick dapat disusun menjadi beberapa barang rumah tangga seperti kursi, meja, tembok dan barang kesenian lainnya.

Pemanfaatan limbah plastik dengan metode ecobrick ini sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. Dimana dalam proses pembuatannya cukup sederhana. Perlu sebuah penyuluhan dari pemerintah melalui PKK atau organisasi lainnya bagi masyarakat agar bisa terlaksana dengan luas. Terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan kreativitas bagi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT

PIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com



Sumber:



45 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page