top of page
Search
pikrcakrauns

International Day of Older Persons




Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


International Day of Older Persons atau disebut sebagai Hari Lansia Internasional diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari Lansia Internasional ini pertama kali dicetuskan pada 1 Oktober 1990 dalam pertemuan Rencana Aksi Internasional Vienna terhadap Penuaan (Vienna International Plan of Action on Ageing), yang kemudian disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 14 Desember 1990. Mulanya peringatan ini muncul dikarenakan angka harapan hidup lansia di seluruh dunia yang terus mengalami peningkatan.


Hari Lansia Internasional memiliki makna sebagai harapan akan meningkatnya kesejahteraan kaum lansia secara global. Dengan terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesejahteraan kaum lansia yang ada di sekitarnya. Di negara Indonesia sendiri, pada tahun 2021 angka harapan hidup mencapai angka sebesar 73,5 tahun yaitu meningkat sebesar 0,1 tahun dibandingkan tahun sebelumnya yang berada pada angka 73,4 tahun. Hal tersebut menandakan bahwa angka harapan hidup lansia terus mengalami peningkatan. Di kutip dalam jurnal The Lancet, memasuki tahun 2040 negara-negara di Asia Tenggara diperkirakan memiliki angka harapan hidup yang tinggi, yaitu Singapura (85,41 tahun), Thailand (80,20 tahun), Malaysia (79,94 tahun), Brunei Darussalam (78,15 tahun), Timor Leste (77,41 tahun), Indonesia (76,77 tahun), Myanmar (75,86 tahun), Laos (75,16 tahun), Kamboja (74,65 tahun), dan Filipina (74,16 tahun).


Adanya Hari Lansia Internasional ini memiliki tujuan dalam meningkatkan fasilitas serta kebijakan dan peraturan yang memadai bagi para lansia secara global. Selain itu, peringatan Hari Lansia Internasional dapat menjadi momentum untuk melihat peluang untuk mendukung perkembangan masyarakat terkhusunya kaum lansia di seluruh negara.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGATPIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com

16 views0 comments

Recent Posts

See All

留言


bottom of page