top of page
Search
pikrcakrauns

Hari Peduli Autisme



Hari Peduli Autisme Sedunia ditetapkan pada tanggal 2 April setiap tahun oleh "Majelis Umum PBB" melalui "Resolusi 62/139" dan diadopsi pada 18 Desember 2007. Tujuan Hari Peduli Autisme Sedunia untuk mendorong negara-negara anggota PBB mengambil tindakan dalam meningkatkan kesadaran tentang orang dengan gangguan spektrum autisme dan mendukung penelitian menemukan cara baru untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Autisme adalah gangguan perilaku dan interaksi sosial akibat kelainan perkembangan saraf otak. Kondisi ini menyebabkan penderitanya sulit berkomunikasi, berhubungan sosial, dan belajar. Autisme disebut juga sebagai gangguan spektrum autisme atau autism spectrum disorder (ASD). Istilah spektrum sendiri mengacu pada gejala dan tingkat keparahan penyakit ini yang berbeda-beda pada tiap penderitanya.


Penyebab autisme belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang dikethaui dapat meningkatkan risiko terjadinya autisme, misalnya kelainan genetik, riwayat autisme dalam keluarga, dan kelahiran prematur. Oleh karena itu, Kementerian kesehatan terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan mengendalikan Gangguan Spektrum Autisme adalah diantaranya :

  1. Melakukan upaya promotif dan preventif melalui media Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), sosialisasi, penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat agar dapat melakukan deteksi dini Gangguan Spektrum Autisme.

  2. Melaksanakan pelatihan keterampilan kecakapan hidup bagi guru dan remaja serta pelatihan pola asuh bagi kader dan orang tua

  3. Memberdayakan peran keluarga, guru dan masyarakat untuk mencegah dan mendeteksi dini tanda-tanda Gangguan Spektrum Autisme untuk dapat segera ditindaklanjuti.

Meskipun seseorang dengan autisme sulit untuk berkomunikasi, tetapi mereka memiliki hak yang sama seperti manusia pada umumnya. Hak tersebut utamanya adalah hak untuk mendapatkan pendidikan/pekerjaan dan hak untuk mengembangkan diri. Maka dari itu, sebagai sesama manusia kita harus mengulurkan tangan untuk peduli pada mereka yang memiliki gangguan autisme. Karena dengan peduli, kita bisa menghargai.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


Sumber:


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT

PIK-R CAKRA UNS 2023

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -



72 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page