top of page
Search
pikrcakrauns

Hari Lingkungan Hidup Sedunia


Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) merupakan sebuah kampanye pelestarian lingkungan hidup paling besar di dunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimaksudkan untuk menggugah kepedulian manusia dan masyarakat pada lingkungan yang cenderung semakin rusak. Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali dicetuskan pada tahun 1972 sebagai rangkaian kegiatan lingkungan dari 2 tahun sebelumnya ketika seorang senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson menyaksikan betapa kotor dan cemarnya bumi oleh ulah manusia. (Rusdiana, 2012: 141). Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliput kebijaksaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup. Kesempatan berperan serta itu dapat dilakukan melalui cara sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemandirian, keberdayaan masyarakat, dan kemitraan.

  2. Menumbuhkembangkan kemampuan dan kepeloporan masyarakat.

  3. Menumbuhkan ketanggapan dan kesegeraan masyarakat untuk melakukan pengawasan sosial.

  4. Memberikan saran dan pendapat.

  5. Menyampaikan informasi dan/atau menyampaikan laporan. (Rusdiana, 2012: 141)

Masalah lingkungan pada zaman modern ini adalah masalah yang sangat mendesak untuk dipecahkan. Kerusakan lingkungan berarti kehancuran bagi keseluruhan umat manusia, sehingga alam seharusnya diperlakukan secara manusiawi dengan penuh tanggung jawab. Masalah lingkungan ini menjadi tanggung jawab bersama, individu, keluarga, masyarakat dan bangsa (negara). Dalam masalah ini bangsa (negara) mempunyai peran yang sangat strategis.

Sebagai lembaga formal yang paling besar yang mempunyai kekuatan memaksa untuk

menerapkan program penyelamatan lingkungan. Penanaman etika dan moral menjadi sangat penting dalam menyusun program, mengambil kebijakan dalam pemecahan masalah lingkungan.


Sumber: Rusdina, A. (2015). Membumikan etika lingkungan bagi upaya membudayakan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab. Jurnal Istek, 9(2).

18 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page