top of page
Search
pikrcakrauns

HARI AYAH NASIONAL

Updated: Nov 14, 2022


Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


Ayah di Indonesia diperingati setiap tanggal 12 November. Hari ayah Nasional berbeda dari Hari ayah sedunia yang diperingati setiap minggu ketiga bulan Juni. Akan tetapi, tujuan dari keduanya sama yaitu apresiasi dan penghormatan pada sosok ayah. Hari Ayah di Indonesia pertama kali dideklarasikan di Balai Kota Solo pada tahun 2006 dan dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai kalangan, termasuk dari komunitas komunikasi lintas agama.


Seperti dilansir Kompas.com (11 Desember 2021), perayaan Hari Ayah di Indonesia digagas oleh kelompok lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Semua berawal saat PPIP memperingati Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah pada 22 Desember 2004 dengan lomba menulis surat untuk ibu. Di penghujung acara, mayoritas peserta menanyakan tentang diadakannya lomba serupa untuk ayah. Namun, pada saat itu, tidak ada agenda nasional untuk memperingati Hari Ayah. Padahal, sebagai anggota keluarga, ayah juga berperan penting dalam membentuk karakter keluarga.


PPIP juga membuka audiensi dengan DPRD Surakarta dan menyepakati agenda perayaan Hari Ayah di Indonesia. Usai sidang, PPIP mengeluarkan pernyataan di Pendapi Gede Balai Kota Solo pada 12 November 2006, dihadiri ratusan orang dari berbagai kalangan. Sementara itu, pernyataan serupa juga disampaikan di Maumere, Flores, dan Nusa Tenggara Timur melalui jaringan PPIP. Direktur PPIP saat itu, Gress Raja, mengatakan: Hari Ibu adalah hari untuk mengenang jasa seorang ibu. Hari Ayah di seluruh negeri dimaksudkan untuk menghormati sosok ayah atau orang tua secara keseluruhan.


Hari ayah sama pentingnya diperingati seperti halnya Hari Ibu. Ayah dan Ibu sama sama-sama memiliki peran penting dalam keluarga dimana mereka saling melengkapi satu sama lain.


Sumber:


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT PIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com


14 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page