top of page
Search
pikrcakrauns

Hari Anak Nasional : Pentingnya Apresiasi kepada Anak



Pixabay.com/fizkes

Pernahkah Anda marah kepada anak-anak karena mereka membuat kesalahan? Pasti sering bukan? Jika anak melakukan kesalahan kita sebagai orang dewasa biasanya akan menegur bahkan memarahinya. Lalu bagaimana jika anak melakukan kebaikan? Sudahkah kita memberikan apresiasi atas kebaikan dan keberhasilan tersebut? Pemberian apresiasi pada anak memiliki peranan penting dalam kesehatan dan perkembangan mental anak. Namun sayangnya masih banyak orang dewasa terutama orang tua yang menganggap hal baik yang dilakukan anak, seperti tidak bertengkar dengan teman, membantu pekerjaan orang tua, membuang sampah pada tempatnya, dan hal baik lain sebagai suatu kewajiban yang harus dilakukan anak sehingga tidak perlu diapresiasi.


Di Indonesia sendiri mayoritas apresiasi akan diberikan kepada anak yang berprestasi di bidang akademik. Bidang akademik masih menjadi tolok ukur kecerdasan anak. Begitu pun dengan orang tua, biasanya orang tua akan merasa bangga sehingga mengapresiasi anaknya yang mendapat prestasi atau peringkat di sekolahnya. Pencapaian lain di luar peringkat di sekolah seakan tidak berarti dan penting. Tak jarang bahkan ada orang tua atau orang dewasa yang tetap tidak memberikan apresiasi meskipun anak mendapatkan peringkat dan berprestasi di bidang akademik. Dengan tidak adanya apresiasi terhadap pencapaian anak ini dapat mengakibatkan anak menjadi lebih tertutup, memicu tumbuhnya sikap tidak peduli, dan bahkan bisa membuat anak stress, karena merasa usaha dan pencapaiannya tidak dihargai, sehingga bukan tidak mungkin anak kemudian akan mempertanyakan kegunaan dari eksistensinya di dunia ini. Tentunya jika kita biarkan, hal ini akan berdampak buruk untuk kesehatan dan perkembangan mental anak.


Apa itu apresiasi pada anak? Bagaimana cara kita memberikan apresiasi pada anak? Pada prinsipnya, apresiasi adalah penilaian atas kinerja, produktivitas, atau keberhasilan seseorang. Apresiasi pada anak adalah suatu ungkapan kepada anak karena suatu keberhasilan atau kebaikan yang telah dilakukan oleh anak tersebut. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi anak, seperti dalam bentuk ucapan selamat, pujian, ungkapan kebanggaan, ataupun ucapan terima kasih. Bagi anak apresiasi sangat ia butuhkan dalam menjalani hidupnya. Dengan apresiasi baik dari orang tua atau orang-orang di lingkungannya, mereka menjadi merasa kehadirannya di dunia ini berharga sehingga anak akan lebih bersemangat lagi untuk melakukan hal-hal baik dalam hidupnya. Namun perlu diingat bahwa yang perlu kita apresiasi bukan hanya hasil atau pencapaian anak, akan tetapi setiap proses dan usaha yang telah dilakukan juga harus kita apresiasi.


Mengapresiasi anak sangat penting untuk dilakukan. Mengapa dikatakan penting? Berikut beberapa alasan pentingnya apresiasi kepada anak :

  • Kemampuan kognitif anak terasah

Jika kita sebagai orang dewasa memberikan apresiasi pada setiap proses dan pencapaian anak, secara tak langsung dapat mendukung dan mengasah kemampuan kognitif yang anak miliki. Hal tersebut karena dengan apresiasi yang tepat, anak menjadi terinspirasi untuk mempelajari dan melakukan berbagai hal dalam hidupnya bahkan sesuatu yang ia anggap sulit sekalipun. Selain itu, anak juga dapat mengeksplorasi potensi yang ada dalam dirinya dan berani mencoba serta belajar hal baru karena ia merasa mendapat dukungan yang positif dari orang-orang di sekitarnya.

  • Kepercayaan diri anak terbangun dan tertanam

Apresiasi kepada anak dapat membangun kepercayaan diri sejak dini. Lewat apresiasi ini, kita membantu anak untuk berpikir positif dan mengucapkan hal positif tentang dirinya. Selain itu juga mengajarkan anak untuk belajar mengenali kondisi, kapan saatnya mereka melakukan sesuatu dengan benar dan kapan mereka harus bangga dengan diri mereka sendiri.

  • Kesehatan psikologi anak terjaga

Apresiasi kepada anak dapat membantu membangun dan menjaga kesehatan mental anak sejak dini. Dengan adanya apresiasi, anak akan memiliki kepercayaan diri. Rasa percaya diri merupakan salah satu elemen penting dalam perkembangan psikologis anak. Sehingga dengan memiliki rasa kepercayaan diri yang baik, perkembangan psikologis menjadi lebih stabil dan optimal.


Apresiasi pada anak memberikan beberapa manfaat, seperti dapat menumbuhkan motivasi pada anak, mendekatkan hubungan emosional dengan anak, menumbuhkan sikap empati pada anak, mendorong anak menjadi lebih kreatif, menjadikan anak lebih bahagia, mencegah anak berbuat negatif, meningkatkan kemandirian anak, mendorong anak menjadi pribadi yang optimis dan ulet dalam meraih sesuatu, membuat anak menjadi mau terus belajar, dan dapat membangun kepedulian serta kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.


Nah, jadi penting sekali bukan apresiasi kepada anak ini? Dengan apresiasi kita dapat membantu anak menata masa depan yang lebih baik dengan psikologis dan fisik yang sehat serta bahagia. Untuk itu, sebagai orang dewasa mari mulai apresiasi segala hal baik yang dilakukan oleh anak. Sekecil apapun hal itu, sesederhana apapun pencapaiannya, mari mulai biasakan diri untuk saling menghargai, menyayangi, dan mengapresiasi anak. Lindungi anak bangsa demi tercipta generasi gemilang di masa depan.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page