top of page
Search
pikrcakrauns

Ada Desember, Ada Hari Ibu Nasional



Hallo Genregers!

Salam GenRe👌🏼


Selamat Hari Ibu bagi seluruh ibu di Indonesia.


Hari ini, khususnya tepat pada tanggal 22 Desember biasa diperingati sebagai Hari Ibu Nasional di Indonesia. Konon, katanya seorang perempuan terlahir sebanyak tiga kali dengan peranan yang berbeda. Pertama, ketika ia dilahirkan ke bumi sebagai seorang putri dari sebuah keluarga. Kedua, ketika ia kemudian beranjak dewasa dan menjadi seorang istri. Ketiga, saat dimana ia menjadi seorang ibu. Ibu adalah pejuang kehidupan, dimana perjuangannya tak terhenti saat ia mengandung maupun ketika ia melahirkan buah hatinya dengan taruhan nyawa. Tidak semua orang berani mengambil keputusan untuk menjadi seorang ibu. Menjadi seorang ibu adalah tanggungjawab seumur hidup karena tugasnya ialah mengandung, melahirkan, merawat dan mendidik hingga akhir hayatnya.


Dilansir dari kemendikbud.go.id, cikal bakal adanya peringatan Hari Ibu bermula dari Kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928 yang menghasilkan suatu keputusan pembentukan PPPI (Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia. PPPI tersebut mulanya berfokus pada perjuangan meningkatkan harkat dan martabat perempuan Indonesia menjadi perempuan yang maju. Sehingga berdasarkan fakta sejarah tersebut, nyatanya “ruh” dari diperingatinya “Hari Ibu” secara nasional oleh bangsa Indonesia adalah semangat emansipasi untuk perempuan Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, peringatan Hari Ibu di Indonesia oleh bangsa kita saat ini diperingati untuk ajang menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu dengan memberikan simbol-simbol kasih sayang.


Sekali lagi, selamat Hari Ibu untuk seluruh perempuan Indonesia.



Sumber Referensi:

Agustina, E. S. (2020). PERINGATAN HARI IBU FAKTA SEJARAH DAN PERGESERAN PEMAKNAAN. Radar Lampung.

Kemendikbud. (2018). Sejarah Singkat Peringatan Hari Ibu. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/9e28e17dd17f659. Diakses pada 20 Desember 2022.


Salam Genre!

Remaja Genre! Sehat, Cerdas, Ceria!

Genre Indonesia! Saatnya yang muda yang berencana!


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

SALAM HANGAT PIK-R CAKRA UNS 2022

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


📌Instagram : @pikrcakrauns

📌Website : pikrcakrauns.wixsite.com/pikrcakrauns

📌Email : pikmahasiswauns@gmail.com

29 views1 comment

Recent Posts

See All

1 comentário


bottom of page